Tips Merawat Jupiter MX Hemat Biaya

Tips Merawat Jupiter MX Hemat Biaya - Dibawah ini ada panduan dan trick cara merawat motor yamaha Jupiter MX serta juga dapat hemat biaya, dapat juga untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam merawat motor Jupiter MX dirumah. Karenanya mari kita lihat dibawah ini.



Sesungguhnya merawat motor tidak rumit dan semahal yang dipikirkan sebagian orang. Pemeliharaan dan service teratur pasti diperlukan. Buat para bikers penunggang Jupiter MX yang pingin motornya senantiasa tampil prima, ada lebih dari satu cara perawatan teratur yang bisa kita lakukan sendiri dirumah. Tak hanya hemat, juga tidak mesti sering-sering singgah kebengkel. Berikut ini tipsnya :

1. Cek oli mesin
Jupiter MX membutuhkan keadaan oli mesin yang lebih intens dari pada type motor 2 tak. Perihal ini karena nyaris semua komponen penggerak di blok mesin terendam oli. Kurangnya kekentalan terlebih volumenya didalam mesin bisa menyebabkan keausan. Buntutnya mesin dapat rontok disebabkan pelumasan yang tidak sempurna. Kekentalan dan volume oli dapat kita periksa dengan membuka tutup oli mesin dan lihat indikatornya dibatang tutup. gantilah oli mesin maksimal bila jarak tempuh sudah 2000 km.

Busi amat vital untuk mesin motor. Komponen ini yang menyebabkan nyala mesin. Perhatikan warna kepala busi, bersihkan dengan amplas halus jikalau telah kecoklatan atau ada karat. Apabila masih layak pakai, bisa dipergunakan kembali. Bila ada lengket kaya bekas oli, selekasnya bersihkan bonggol tutup busi dengan lap kering. Baiknya busi diganti jikalau telah menempuh jarak 12 ribu km. Perhatikan juga kondisi kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi, bila telah uzur tampak ada retak-retak dan keras, baiknya selekasnya diganti.

3. Cek filter karburator
Yamaha Jupiter MX memakai karburator jenis kering. Cara perawatannya cukup gampang, yaitu tinggal disemprot dengan kompresor. Filter jenis ini diganti paling lambat 25 ribu km dan tidak bisa terkena oli atau minyak. Filter oli pun mesti diperhatikan. Sebab Jupiter MX memakai filter oli dan harus diganti tiap-tiap lebih kurang 10 ribu km.

4. Cek setelan rantai dan gir
Janganlah biarkan rantai sangat kendor atau sangat kencang. Bila rantainya kendor, cukup disetel. Namun jikalau kering, cukup diolesi dengan oli spesial rantai ( chain lube ). Umumnya, rantai mesti diganti jikalau telah menempuh 25 ribu sampai 35 ribu km. Janganlah lupa memeriksa keadaan gir. Bila telah tampak tajam, lekas ganti, sebab dapat membuat rantai copot juga putus mendadak.
Namun jikalau yang kita gunakan type motor matic semisal yamaha mio yang memakai V-belt, rantainya tidak bisa disetel dan harus diganti tiap-tiap 25 ribu km. Bila rantai dan gir telah beres, sekalian periksa kampas rem depan dan belakang, ganti bila telah tampak menipis.

5. Membersihkan karburator
Bersihkan bagian pilot dan main jet motor. Yamaha Jupiter MX memakai jenis vakum hingga maksimal putarannya 2 ½ berlawanan arah jarum jam. Untuk penyetelan klep motor bisa dilakukan tiap-tiap 12 ribu sampai 18 ribu km.

Accu atau aki juga ada 2 type, kering dan basah. Untuk type aki kering yang tidak membutuhkan perawatan spesial. Namun maksimal pemakain 3 tahun, mesti diganti. Namun motor yang memakai aki basah, lakukan pengecekan air aki tiap-tiap 10 ribu km. Bila air akinya kering, selekasnya diisi. Ciri-ciri aki basah yang keadaan telah lemah adalah motor tidak kuat starter. Tidak usah maksa motor menyala lewat cara didorong sebab bisa merusak gigi transmisi.

7. Panaskan mesin motor
Senantiasa panaskan mesin sebelum saat digerakkan. Perihal ini amat disarankan supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian saat mesin yang bergerak. Tidak usah lama-lama, cukup 1-2 menit saja. Jikalau kelamaan bisa-bisa pipa knalpot menguning.

8. Pakai sparepart ( suku cadang ) asli
Benar-benar, suku cadang asli sedikit lebih mahal. Tetapi lebih tahan lama dan kualitasnya pun terjamin dibanding yang palsu.

Tak hanya hal-hal diatas, penting juga untuk senantiasa memeriksa tekanan ban. Ban yang sangat keras atau kurang angin dapat menyebabkan kembang ban jadi rusak.

Bila teratur kerjakan kontrol dan perawatan tadi, dijamin motor kita berusia panjang, ngga ngerepotin dan senantiasa siap tempur… semoga lebih dari satu panduan di atas dapet menolong para bikers supaya lebih gampang merawat motor anda..


Share this article :


Comments
1 Comments

Berita Otomotif Terbaru

Unknown mengatakan...

trims... sangat bermanfaat :)


16:37
Posting Komentar

 

Copyright @ 2013 Berita Otomotif Terbaru Template Edit by Rifmasites.com - All Rights Reserved