Bedah Teknologi New Kawasaki Ninja 250

Teknologi Otomotif - Kawasaki ninja 250 telah diluncurkan, perubahan desainnya telah membuat kita terpana. Itu belum cukup gan, nyatanya kawasaki juga menyempurnakan mesin ! Agar rasa haus penasarannya terhapuskan, mari kita kupas satu persatu.

Teknologi New Ninja 250

Jantung ninja 250 benar-benar alami banyak perubahan walau basic-nya masih sama. Powernya meningkat dari 31, 8 ps / 31, 16 dk pada 11. 000 rpm jadi menjadi 32 ps / 31, 36 dk di 11. 000 rpm. Namun torsinya sedikit turun, saat ini cuma 21 nm di 10. 000 rpm, masih yang lama meraih 22 nm di 9. 500 rpm. Penyempurnaan tidak cuma buat performa, namun lebih bertujuan menambah daya tahan mesin, kenyamanan dan lebih ramah lingkungan.

Pada daya tahan mesin, kawasaki sengaja mengaplikasikan blok silinder jenis alumunium die-cast dengan design plate bores. Teknologi ini serupa yang digunakan pada moge kawasaki, beber freddyanto basuki, marketing & advertising department head pt kawasaki motor indonesia ( kmi ).

Keunggulannya, tak hanya bobotnya mudah cuma 800 gram, blok silinder ini juga dapat menambah pembuangan panas yang lebih sempurna. Jikalau pada blok silinder pada mulanya, saluran masuk ke water jacket berupa bulat, kini menjadi kotak. Tekanannya semakin tinggi hingga pendinginan lebih maksimal.

Teknologi Kawasaki Ninja 250

Pistonnya juga baru, kini komponen yang senantiasa menahan beban kompresi dan ledakan bahan bakar ini diperkuat dengan hard alumite coating. Tujuannya jelas, umur komponen ini lebih panjang walau kerjanya berat, didalam satu menit saja piston ninja 250 dapat naik turun sampai 14 ribu kali. Agar lebih awet dan berkurang gesekannya, pada top ring ada alur buat menaruh oli.

Perubahan mencolok selainnya yaitu pindahnya posisi filter oli mesin yang kini ada di depan mesin. Crankcase-nya beralih, beda dari yang lama, terang freddy. Leher knalpotnya juga beda, yang baru mempunyai lelukan layaknya huruf s dan dibagian bawah pipa ada o2 sensor, penanda jikalau sistem injeksi new kawasaki ninja 250r telah lebih ramah lingkungan dengan injeksi jenis close loop. Namun sayangnya buat versi indonesia belum close loop. O2 sensor terlepas ( gambar atas ) atau masih open loop.

Yuk berpindah ke injeksinya. Komponen yang satu ini juga didesain sama dengan moge-mode kawasaki. Masing-masing silinder mempunyai throttle body dan injektor sendiri-sendiri. Didalam throttle body buatan keihin ini ada dua katup kupu-kupu. Satu katup digerakan oleh tangan melalui throttle grip, satu lagi dengan elektronik bergerak cocok keperluan mesin, jelas aris sudiaji, dari technical service department PT KMI.
Katup yang kedua ini bekerja sesuai masukan dari sensor-sensor injeksinya. Jika bukaan gas terlalu besar padahal mesin tidak terlalu membutuhkan banya udara yang masuk, maka dengan sendirinya katup kedua akan menutup perlahan. Begitu juga sebaliknya, efek campuran udara dan bahan bakar yang masuk akan selalu sesuai dengan kebutuhan.

Saluran intake pada New Ninja 250 ini juga dibuat mengerucut, fungsinya agar tekanan udara yang masuk tetap tinggi. Hal ini terlihat dari diameter katup kupu-kupu yang mengecil dari 40,2 mm untuk sub throttle dan 28 mm untuk main throttle. Mekanisme ini mirip sekali dengan injeksi yang digunakan Kawasaki ER-6n dan Ninja 650R.

Jika injeksi berujung pada emisi yang lebih baik, ada satu lagi keunggulan mesin New Kawasaki Ninja 250 yaitu soal kenyamanan. Mesin baru ini diklaim lebih minim getaran. "Ada pengembangan pada balancer mesinnya," aku Freddyanto Basuki ketika ditemui di sela launching motor sport yang dijual Rp 49,9 juta dan Rp 56,9 juta untuk versi berteknologi Anti Lock Brake System (ABS)


Share this article :


Comments
0 Comments

Berita Otomotif Terbaru

Posting Komentar

 

Copyright @ 2013 Berita Otomotif Terbaru Template Edit by Rifmasites.com - All Rights Reserved