Rem Cakram Variasi: Mengganjal Braket Kaliper
Rem Cakram Variasi Mengganjal Braket Kaliper - Trend modif stoping system bercakram udah jadi syarat wajib bagi para pelaku modif. Nggak sekedar pasang, banyak fenomena di dalamnya yang butuh ketelitian serta penanganan tepat agar fungsionalitasnya benar-benar sempurna (gb.1).
Salah satu yang akrab ditemui adalah terdapatnya celah jarak antara braket kaliper dan bottom sok dudukan kaliper. Di kalangan modilover, ada banyak trik yang bisa dilakoni untuk mengatasinya.
Yang paling sederhana sih dengan mengganjal celah tersebut dengan media pengganjal. ”Paling simple dan gampang sih cukup dengan mengganjal menggunakan tumpukan O ring baut,” ujar Ali, mekanik Champion Motor Malang (gb.2).
Dengan cukup menebus sejumlah O ring yang harga perbijinya hanya ratusan rupiah, bisa dengan mudah disisipkan untuk memenuhi celah braket (gb.3). Eitt, hati-hati..Jangan asal caplok metode ini.
Coz bilang Ali, aplikasinya kurang bisa dipertanggung-jawabkan pasalnya ada beberapa efek negatif yang bisa mengurangi kesempurnaan fungsionalitasnya. ”Semakin banyak tumpukan ring, otomatis kekuatannya semakin berkurang karena antar ring tetap saja terdapat celah, semakin tebal, jelas semakin gampang goyah,” tegas Ali.
Selain itu, doi juga bilang jika kepresisiannya kurang tepat mengingat ukuran ketebalan ring berbeda-beda. Semakin banyak ring yang dipasang, tentunya bisa menyebabkan perbedaan ketebalan total kedua unit ring braket kalipernya.
So, gimana dong jalan keluarnya ?. ”Paling tepat adalah kamu bikin dewe O ring dari bahan besi atau alumunium,” lugas Ali (gb.4). Pembuatannya nggak ribet kok, coz cukup diserahkan saja kepada bengkel bubut. Selain penampakannya akan lebih rapi, kepresisian serta kekuatannya jelas dijamin oke (gb.5). ”Ujung-ujungnya, aman bin nyaman deh aksi modif motor bercakram keren kamu,” senyumnya.
-->
Sumber : Ototrend.com
Kategori : Oto Tips
Artikel Terkait
0 Comments
Langganan:
Posting Komentar (Atom)