Menyetel Tensioner Untuk Usir Ngelitik Smash


Paling pusing kalau muncul suara kemlitik pas deceleration atau pas handgrip dilepas. Suaranya mirip clearance katup yang terlalu kendor. Dan problem ini yang sering mengecoh mekanik, sebab keduanya memiliki penyimpangan suara yang sama. Tapi efek negative nya tak sampai menurunkan performa mesin, sebab tetap bertenaga. “Dan cuman suara saja yang kemlitik, ”terang Agung dari Agung Motor di Kalijudan 2, Surabaya.

Untuk mengatasinya, jangan keburu mengganti rantai camrat. Lebih baik periksa lebih dulu tensioner rantai camrat, sebagai penstabil tegangan rantai camrat, ”ingat Agung. Mekanismenya, tensioner hanya bersifat memberi tekanan pada rantai kamrat pada satu arah atau one way dan sifat nya otomatis. Ketika tegangan rantai camrat kendor, tensioner turun dengan sendirinya dan kemudian mengunci begitu seterus nya. 

Kalau sampai rantai camrat kendor, bisa disebabkan indikasi tensioner yang mengalami penyimpangan. Mengingat prinsip kerjanya sebagai penekan dan dilengkapi spiral yang langsung kontak dengan panas. Otomatis perubahan material pasti terjadi pada spiral perangkat tensioner, seperti milik Smash  yang menganut tensioner semi otomatis. “Problem ini biasa disebabkan oleh masyarakat metropolis yang gaya berkendaranya suka manteng gigi 1 dan 2 di rpm tinggi, ”wanti Agung.


Menyetel Tensioner Untuk Usir Ngelitik Smash


Cara pembenahannya bisa dilakukan sendiri, caranya lepas terlebih dulu ring spy, dengan ketebalan 2,5 mm di bodi tensioner. Lanjutkan, melepas spiral dari bodi tensioner. Lepas juga stoper tensioner berkepala (-) dan pisahkan dengan spiral. Kemudian, lepas bushing penstabil dudukan baut penyetel bersamaan dengan melepas tapet penekan karet tensioner (cam chain guide), serta ring stoper nya. “Setelah dilakukan pembongkaran, cuci dengan bensin dan tambahkan vet pada bagian bidang yang berpeluang mengalami gesekan, ”tunjuk Agung. 

Untuk pengetesan, putar baut (-) stoper tensioner, seiring putaran jarum jam hingga tapet penekan tensioner turun mentok. “Tensioner yang bekerja normal, saat diputar ke kiri tapet penekan akan terlontar keluar, ”yakin Agung.


Share this article :


Comments
6 Comments

Berita Otomotif Terbaru

aku mengatakan...

Okey Akan q Coba tipsnya,,,
Thanks ya infonya


15:26
rifma mengatakan...

Blogwalking
www.arifview.blogspot.com


07:26
Fitriyan F mengatakan...

Wah kurang faham bahasanya


14:10
Unknown mengatakan...

Malam mau tanya klo ganti tensioner suzuki smash 2004 gmna ya. Yg bawah selalu mentok ke gir depan jadi rantai mentok sama blok. Mohon solusi ya


21:15
Unknown mengatakan...

Malam mau tanya klo ganti tensioner suzuki smash 2004 gmna ya. Yg bawah selalu mentok ke gir depan jadi rantai mentok sama blok. Mohon solusi ya


21:15
Unknown mengatakan...

Kalau bisa bikin videonya,ditunggu


10:57
Posting Komentar

 

Copyright @ 2013 Berita Otomotif Terbaru Template Edit by Rifmasites.com - All Rights Reserved