Review Spesifikasi Mobil Nissan Navara
Review Spesifikasi Mobil Nissan Navara - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memperkenalkan Nissan Navara yang dibalut aksesoris Autech. Mendapat julukan baru, Nissan Navara Sportversion, D-cab yang satu ini tampil beda dari pendahulunya.
Dengan desain eksterior dan interior, Navara tetaplah Navara. Mobil pickup kabin ganda bertampang gagah yang dimiliki Nissan. Cuma saja autech meramunya jadi lebih mewah. Bisa dikatakan Nissan Navara sportversion kini hadir dengan dual tema tangguh namun masih modis buat digunakan bergaya.
Ingin bukti ? Coba saja tengok bodi bongsor Navara sportversion yang mempunyai panjang 5. 230mm, lebar 1. 850mm, dengan tinggi 1. 780mm. Bagian gril depan kesan mewah coba ditonjolkan melalui desain baru yang ditambah aksen krom. Bentuk front bumper juga sedikit berlainan di banding Navara terdahulu. Ada lebih dari satu lekukan yang membuatnya tampak lebih sporty namun stylish, bukan hanya tampang sangar khas mobil medan berat.
Beranjak ke bagian sisi, autech juga mendesain door mirror with turning light dengan desain krom yang baru. Padanan velg alloy 16 inci polish finishing dengan corak yang juga baru buat penampilan lebih segar. Desain roof rack yang bermaterialkan batang-batang besi berdiameter besar juga menambah kesan macho dari Navara sportversion.
Lalu bagaimana bagian belakangnya ? Navara masih melekatkan dengan tegas jati dirinya bila kami lihat dari bagian buritan. Namun autech terus akan berikan identitasnya bila Navara sportversion adalah hasil racikan autech. Dikarenakan itu emblem sportversion melekat pas dibagian belakang sebelah kanan. Bagian bak belakang juga telah dilapis dengan bedliner jadi perangkat standar. Ada pula aura stylish yang coba dimunculkan melalui aksen crome pada bagian-bagian rear bumper.
Masuk ke sektor kabin, tidak banyak perubahan Navara sportversion dengan Navara generasi pada mulanya. Desain jok pengemudi dan penumpang depan dan penumpang belakang terus sama. Bentuk dashboard juga tidak jauh beda, cuma saja kini ada tambahan warna silver di bagian sedang dashboard dan sebagain stir. Navara sportversion sedikit tampak lebih mewah berkat adanya audio steering switch, jok yang dilapis kulit, dan door plate dengan iluminasi.
Walau kesan mewah yang ditonjolkannya tidak sejumlah di bagian luar, namun autech kelihatannya pingin mendesain Nissan Navara bukan hanya lagi terus-terusan jadi d-cab yang andal di medan-medan pertambangan atau perkebunan, tetapi juga pantas dibawa jadi kendaraan buat berpetualang berbarengan keluarga.
Performance
Dari balik kap mesin belum ada yang beralih pada raksasa yang mempunyai ground clearance 220 mm itu.
Autech masih yakin dengan mesin YD25DDti 2.488cc Common Rail Turbo intercoller diesel berdaya 174 ps pada 4.000 rpm dengan torsi 402 nm di rpm 2.000 punya Nissan Navara. Sensasinya ? Hmmm... Masih 11-12 dengan Navara terdahulu.
Memakai transmisi automatic, bukan hanya lalu buat Nissan Navara sportversion yang kami uji kehilangan kemampuannya, apalagi jadi sebaliknya. Ada dibalik kemudi mobil seberat 1. 850 kg itu jadi lebih mengasyikkan. Cukup geser tuas trasnmisi ke posisi d, tekan pedal gas dengan didalam buat berakselerasi dan injak rem supaya deselerasi, jadi biarkan Navara sportversion mengantarkan kemana pun tujuan anda.
Melibas trek jalur raya beraspal mulus, Nissan Navara sportversion bak seorang atlet bertubuh kekar yang masih berlari. Buat dapat tembus sampai kian lebih 100 km/jam bukan hanya perkara sukar untuk d-cab jepang ini. Walau medan yang dilalui terkadang berkelok dengan tanjakan atau turunan terjal, semua dapat dikerjakan dengan mulus. Ibaratnya si pengemudi tinggal sesuaikan injakan pedal gas. Akan ngebut, jadi injak dalam-dalam, akan santai ya, injak saja dengan lembut.
Desainnya yang lebih stylish juga buat Navara sportversion jadi pusat perhatian ketika menjelajahi pusat ibukota. Namun semua itu tidak menyingkirkan kodrat Navara jadi d-cab dua alam. Masuk ke jalur berbukit tanpa aspal, velg berbalut ban 255/70 r16 masih menapak erat ke permukaan tanah merah bercampur bebatuan kerikil.
Bumpy yang sering terjadi dikarenakan mobil sedikit dipacu juga tidak sangat menyiksa pengemudi dan penumpang didalamnya. Suspensi type double wishbone coil spring with stabilizer di bagian depan dan leaf spring with shock absorber di bagian belakang dapat mereduksi guncangan berlebih sampai ke bagian kabin.
Balik lagi layaknya yang kami singgung diawal, Nissan Navara sportversion demikian mengasyikkan buat dikendarai, apalagi saat diajak bermain lumpur dan mendaki bukit walaupun !
Comfort
pickup kabin ganda benar-benar tidak senyaman SUV, namun sedikit sentuhan mewah dari autech pada Nissan Navara sportversion coba mengangkat tingkat kenyamanan yang semakin baik di banding d-cab lain sekelasnya.
Wheelbase yang meraih 3200mm turut menyumbang area kabin yang lega. Duduk jadi pengemudi, visibilitas amat baik. Body yang jangkung buat pandangan ke arah depan dan belakang leluasa. Sayang pengaturan jok masih dikerjakan dengan manual.
Buat penumpang belakang, legroom masih cukup baik. Pada posisi duduk normal, lutut masih mempunyai area gerak yang leluasa. Jok yang dilapis bahan kulit juga menambah kenyamanan kabin. Tema family sporty pickup pun berhasil diterjemahkan dengan baik.
Spesifikasi Nissan Navara 2012
Nissan Navara sportversion adalah double cabin dengan bantingan suspensi yang sangat halus yang sempat kami rasakan. Walau demikian handling dan kesenyapan kabinnya tidak sebaik pesaing. Namun cukuplah buat sebatas mendaki bukit buat adventure waktu waktu senggang di akhir pekan.
Fitur
autech benar-benar mengubah Nissan Navara sportversion jadi d-cab gagah yang stylish. Tetapi tidak semua jeroan memperoleh sentuhan upgrade. Terhitung juga soal fitur-fitur yang ada didalamnya. Urusan fitur keamanan Nissan Navara sportversion masih terus dibekali srs airbags buat pengemudi dan penumpang depan. Fitur anti-lock braking system ( abs ) dan electronic brake distribution ( ebd ) juga adalah perangkat standar.
Nah bicara piranti entertainment, Nissan Navara sportversion telah dilengkapi dengan dvd monitor 6 inci touch ccreen with mp3 player dan 6 speakers. Namun minusnya fitur gps dan rear parking camera kadang-kadang menyusahkan pengemudi.
Price
cukup banyak aksesori autech yang melekat pada Nissan Navara sportversion, kompensasinya harga yang dipatok cukup melambung, yaitu rp. 374, 5 juta on the road jakarta. Namun bila lihat perbedaannya dengan generasi Navara terdahulu, versi teranyar ini masih amat layak dipinang.
Namun... Pemain di segmen ini bukan hanya Nissan,Toyota mempunyai Hilux, Mitsubishi mempunyai Strada Triton, sedang Mazda dan Ford ada BT-50 dan All New Ranger. Dan butuh jadi catatan penting pula dikarenakan nyaris semua jenis D-cab kini mengarah pada desain bergaya urban.
Kelebihan dan Kelemahan Nissan Navara
Kelebihan : Desain yang stylish namun tetap gagah, dan Transmisi Lembut
Kelemahan : Handling kurang dan pengaturan Jok masih manual
Baca juga artikel tentang SUV Terbaru Toyota di 2012 Grand New Fortuner SUV terbaik 2012
Baca juga artikel tentang SUV Terbaru Toyota di 2012 Grand New Fortuner SUV terbaik 2012
Kategori : Mobil, Oto News
Artikel Terkait
0 Comments
Langganan:
Posting Komentar (Atom)